Minggu, 10 Maret 2013

makana penambah energi


7 Makanan Terbaik bagi Pelari

Persiapan berlari tak hanya sebatas pada sepatu lari dan pakaian. Anda juga perlu menyiapkan nutrisi yang tepat. Mulai dari jenis bahan makanan, hingga waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.
Seorang pelari membutuhkan nutrisi spesial, untuk menambah tenaga serta memperbaiki otot. Simak 7 makanan terbaik bagi Anda yang gemar berlari.
  1. Roti dan selai kacang
    Jika Anda hobi berlari di pagi hari, maka roti dan selai kacang adalah sumber energi yang tepat sebelum keluar rumah.
    “Perut Anda sudah kosong selama beberapa jam dari makan malam terakhir. Maka energi di tubuh sangat rendah. Menyantap kudapan senilai 100-300 kalori sebelum berlari memberikan energi,” terang Nancy Clark, RD, MS, penulis Food Guide for Marathoners.
    Maka, satu helai roti gandum utuh yang diolesi selai kacang (240 kalori, 9gr lemak, 7gr protein) cocok untuk Anda.
  2. Pisang
    Pisang kaya akan potassium atau kalium, ampuh memperbaiki tekanan darah dan mengurangi risiko terserang stroke. Anda bisa mencampur 1 buah pisang ukuran sedang, 1 sdm selai kacang dan 283gr susu skim. Lalu blender semua bahan hingga halus.
  3. Beries
    Saat berlari, kaki akan menghentak jalanan dengan keras. Rasa sakit yang Anda rasakan usai berlari bisa saja diakibatkan oleh sobeknya bagian otot yang dilatih tersebut. Walau ukuran robekan sangat kecil atau mikro, Anda harus “memperbaikinya”.
    Cara paling menyenangkan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis buah berry, seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan lain sebagainya. Selain sarat serat, vitamin C dan potassium yang terkandung di dalamnya akan membantu tubuh memperbaiki jaringan yang rusak.
  4. Brokoli
    Ada berbagai alasan yang mewajibkan Anda menyantap brokoli. “Vitamin C, potassium, serat, serta zat kimia alami dari tumbuhan akan melambungkan energi dan kesehatan Anda,” saran Nancy Clark.
  5. Yoghurt rendah lemak
    Lari serta angkat beban memang bermanfaat meningkatkan kepadatan tulang. Namun, kalsium tetaplah menjadi peran penting menjaga kepadatan tulang tersebut.
    Banyak pelari tidak mencukupi kebutuhan kalsium harian. Padahal, Anda bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan. Seperti satu cangkir yoghurt yang mengandung 1/3 kebutuhan kalsium harian. Plus, yoghurt memiliki protein yang sangat baik untuk otot.
  6. Daging sapi tanpa lemak
    Selain memiliki kadar protein berkualitas, daging sapi juga merupakan sumber zat besi yang baik. Kekurangan zat besi menyebabkan seseorang mengalami keletihan. Namun, jika Anda vegetarian, Anda bisa mencoba kacang-kacangan, polong-polongan, sayuran hijau, serta sereal yang diberi tambahan zat besi.
  7. Ikan salmon
    Ikan salmon memiliki sumber protein serta lemak omega-3 yang baik untuk jantung. Dengan mengonsumsi salmon, Anda bisa mencegah peradangan terjadi di dalam tubuh. Anda pun terlindungi dari berbagai penyakit.
Kini saatnya Anda menyantap 7 makanan di atas untuk meningkatkan performa berlari Anda. (aai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar